PKMT UNPAD

Paguyuban Keluarga Mahasiswa Tasikmalaya

Universitas Padjadjaran

2

University of Padjadjaran

Universitas Padjadjaran atau yang disingkat dengan UNPAD merupakan salah satu Universitas Tinggi Negeri tersohor dan favorit bagi para pelajar yang selalu haus akan ilmu dan pengembanagn kualitas diri di Negara Indonesia apalagi bagi kawasan Jawa Barat. Ikon UNPAD sebagai Universitas Tinggi Negeri berkualitas yang berada di provinsi tersebut akan terus melekat, bahkan jadi kebanggaan bagi warga Bandung itu sendiri. UNPAD ini berdiri sejak tahun 1957 yang dulu terdiri hanya 4 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kemudian UNPAD berkembang dan memiliki kurang lebih 14 Fakultas.

Lokasi kampus ini terdiri dari beberapa tempat yang terpisah diantaranya di Dipati Ukur (DU), Dago, Sekeloa dan Kawasan terbesar yaitu Jatinangor yang berdampingan dengan Universitas lain UNWIM, IKOPIN dan IPDN yang berada di perbatasan antara Bandung – Sumedang.

PKMT_UNPAD

Dunia Kampus

Sesuatu yang paling diidamkan bagi para siswa untuk untuk melanjutkan sekolahnya di universitas favorit dan keberadaanya dikampus seakan akan membuka peluang untuk mencari jalan menuju cita –cita. Banyak suka duka yang kami alami ketika menjadi mahasiswa, sesuatu yang mungkin belum pernah diperoleh di masa Sekolah mungkin akan terasa disini. Pengetahuan, informasi, pengalaman – pengalaman yang kami dapatkan akan membuka pikiran kami dalam hal menentukan jalan hidup kemana kami akan melangkah dan apakah kita akan mampu bersaing di ketatnya persaingan dunia luar baik dari segi pengetahuan, sikap, softskill dll. Kampus merupakan tempat dimana para mahasiswa berjuang dalam menuntut ilmu, mengembangkan kualitas diri dengan cara berorganisasi, berwirausaha, bersosialisasi dan bermain juga. Dunia kampus juga diibaratkan sebagai miniatur negara yang memiliki pemimpin, rakyat dan fasilitas. Tergantung kita mau menjadi apa, apakah kita hanya akan menjadi rakyat biasa/mahasiswa yang acuh tak acuh mengenai dunia kampus atau kita akan menjadi pemimpin dalam dunia kita sendiri yaitu dunia kampus.

Ada beberapa tipe mahasiswa yang berada di dunia kampus :

  • Kupu – Kupu (Kuliah_Pulang, Kuliah_Pulang)

Tipe mahasiswa seperti ini berpikiran bahwa hidupnya cuma sekedar kuliah habis itu malas untuk melakukan apapun lagi, yaa jalan terakhirnya langsung pulang aja kekostan untuk sekedar nonton tv, baca buku dan maen komputer mungkin. Pentingnya nilai sosialisasi serasa kurang berarti bagi orang seperti ini. Rasa egoismenya kadang kadang sangat tinggi.

  • Kuman – Kuman (Kuliah_Maen, Kuliah_Maen)

Tipe yang satu ini selain menjalani kewajibannya sebagai mahasiswa yaitu kuliah, mereka sangat menikmati hidupnya dengan tenang tanpa harus memikirkan apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki kuliah saya tetapi yang ada dipikirannya sekedar memuaskan dirinya dengan bermain – main, menganggap waktu yang ada terasa akan lama dan kebanyakan yang termasuk dalam tipe ini adalah mahasiswa yang memiliki daya dukung materil. Bentuk maen yang mereka biasa lakukan adalah travelling, maen games dsb dan mereka punya prinsip “my life is just let it flow

  • Kunang – Kunang (Kuliah_Nangkring, Kuliah_Nangkring)

Hampir sama dengan tipe yang telah dijelaskan di atas tadi, untuk tipe yang ini hidupnya juga dibawa santai meskipun memang memenuhi kewajibanya untuk kuliah akan tetapi setelah itu yang ada dipikirannya yaitu cuma sekedar nongkrong, ngeceng, nyantai dan menjauhkan pikiran bahwa masih banyak tugas yang menumpuk dan harus dikumpulkan buat kuliah besok.

  • Kubis – Kubis (Kuliah_Bisnis, Kuliah_Bisnis)

Untuk tipe mahasiswa yang seperti, mereka memiliki dua kehidupan yang menurut mereka penting yaitu menuntut ilmu dan mencari uang, baik itu untuk memenuhi kebutuhan finansial kehiduannya yang dikarenakan keberadaan finansial keluarganya yang kurang atau cuma sekedar ingin mencari uang tambahan. Berwirausaha di lingkungan kampus memang memiliki pasar yang menjanjikan karena mahasiswa memang banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhinya diantaranya bisnis pulsa, makanan, baju, alat kosmetik dsb. Kebiasaan berwirausaha semasa kuliah akan melatih kita untuk berbisnis lebih luas lagi ketika kita keluar kuliah nanti dan menghadapi persaingan pencarian kerja yang begitu ketat dengan bisnis bisa menjadikan sebagai pegangan untuk melanjutkan hidup.

  • Kura – Kura (Kuliah_Rapat, Kuliah_Rapat)

Ada juga tipe mahasiswa yang selain sibuk dengan kewajibannya sebagai mahasiswa yaitu kuliah akan tetapi mereka juga sibuk dalam berorganisasi untuk pengembangan kualitas dirinya dan memperluas jaringan pertemanan. Hal ini memang bersifat positif kalo kita memang tujuannya seperti itu, dan akan sangat bermanfaat terhadap kita yaitu kita akan terlatih menjadi seorang pemimpin, pandai berkomunikasi, pintar memanage waktu, emosi, spiritual dan mampu membuat suatu event yang diadakan sesuai kebutuhannya. Hal ini juga akan terasa manfaatnya ketika nanti kita lulus dan dalam hal pencarian kerja, informasi bisa banyak didapatkan dari temen – temen kita karena memang kita banyak link, juga ketika nanti di dunia pekerjaan kita akan terbiasa berkomunikasi yang baik dan memanage angota kita ketika kita berada di posisi yang tinggi pada suatu perusahaan.

Bahkan tidak hanya terdapat kriteria seperti halnya yang disebutkan di atas, ada juga yang memang dari kampung halamannya bertujuan untuk menuntut ilmu akan tetapi kenyataan yang ada dikampus hanya sekedar diem dikostan, maen, pacaran dan gak pernah muncul di perkuliahan (invisible man). Pilihan itu ada ditangan kita, mungkinkah kita termasuk kedalam salah satu pilihan di atas.

Ada banyak juga perkumpulan mahasiswa daerah seperti kumpulan mahasiswa batak, mahasiswa asal dari daerah timur, jawa maupun sunda. Salah satu kumpulan mahasiswa tersebut yaitu adanya PKMT UNPAD.

Kenapa Ada PKMT UNPAD ??

Menjadi mahasiswa baru rantauan di UNPAD ketika memasuki awal ospek dan perkuliahan baru memang menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap mahasiswa. Pada saat itulah Mahasiswa/i dari berbagai daerah mencoba memulai kehidupan baru dengan menjadi mahasiswa UNPAD yang harus tinggal jauh dari keluarga dengan menetap sebagai anak kostan. Rasa bangga, senang, sepi, bingung harus ngapain memang tercampur aduk saat itu. Hari pertama memasuki kawasan kampus untuk registrasi mungkin yang memaksakan kita untuk harus mulai mengenal orang – orang baru yang mungkin nantinya akan menjadi teman baru di kampus ditambah lagi masa – masa ospek yang mempererat kita sesama mahasiswa baru agar lebih akrab, teman menjadi sangat berarti dikala kita hidup dikota baru yang kita tinggali karena masa itulah dimana kita memang membutuhkan teman dalam menjalani kehidupan baru ini yang tadinya tak tau arah harus melakukan apa karena mungkin tidak adanya saudara atau orang yang dikenal sebelumnya. Bukan suatu kebetulan ketika kita mulai bertemu dengan teman yang berasal dari daerah yang sama, rasanya seperti bertemu saudara sendiri yaitu saudara sesama Tasikmalaya.

Setelah sekian lama dekat, akrab dengan saudara sesama daerah asal dan lama kelamaan kami mencari informasi tentang keberadaan para mahasiswa yang berasal dari Tasikmalaya yang mempunyai nasib yang sama sebagai perantau demi menuntut ilmu di UNPAD ini. Banyak mahasiswa yang berasal dari Tasikmalaya yang kuliah di UNPAD akan tetapi kurang adanya rasa saling mengenal, keterkaitan, persaudaraan, dan rasa kedaerahan terhadap kota kelahiran mereka yaitu Tasikmalaya.

Sejarah PKMT UNPAD

Pardi Setiawan, Fauzan Wahyu, Arif Fitroh dan Heru Gerhana adalah beberapa mahasiswa yang merasakan betapa bingungnya ketika memasuki awal perkuliahan baru yang tidak mengenal teman sebelumnya yang mungkin akan dirasakan sama dengan mahsiswa Tasikmalaya lainnya. Rasa kebersamaan kami yang membuat kami tergugah untuk bisa berkumpul dengan mahasiswa Tasik lainnya agar bisa lebih banyak teman yang mungkin suatu saat nanti akan menjadi suatu keluarga Tasikmalaya yang saling membutuhkan, bisa berbagi cerita, bercanda.

Setelah setahun merasakan menjadi mahsiswa UNPAD dan kebersamaan kami masih terus terikat, akhirnya tahun ajaran baru pun dimulai dan ribuan mahasiswa baru dari berbagai penjuru kota bermunculan untuk belajar di kampus UNPAD. Masa – masa itulah yang mengingatkan kami kembali ketika kami menjalani mahasiswa baru UNPAD, kami berpikiran setidaknya adik – adik kami tidak banyak merasakan kebingungan, kesepian yang pernah kami alami setahun lalu. Oleh sebab itu, setelah sekian lama kami bareng maen dikosan dan berbincang – bincang ngaler – ngidul kesana kemari, terlintas suatu pertanyaan dalam pikiran kami “kenapa kita gak ngumpulin mahasiswa asal Tasik dan bikin suatu perkumpulan mahasiswa asal Tasikmalaya??” tak berapa lama setelah pertanyaan tersebut bmenjadi obrolan serius dari keempat orang itu, kami bertekad bulat untuk membentuk suatu perkumpulan mahasiswa Tasikmalaya dengan berbagai cara kami tempuh untuk mencapai cita – cita tersebut yaitu: cari informasi tentang keberadaan teman yang berasal dari SMA Tasikmalaya dari tiap teman, kost to kost untuk menemui dan mengajak para mahasiswa tersebut agar tergabung dalam suatu perkumpulan, patungan untuk kas pertama, pembuatan famplet pengumuman dalam tahap pembentukan perkumpulan yang diinginkan. Setelah beberapa bulan akhirnya kami bisa mengumpulkan kurang lebih 30 orang mahasiswa asal Tasikmalaya yang kemudian akan menjadi sahabat yang terdiri dari angkatan 2004, 2005 dan 2006. Seringnya kami rapat, kumpul dalam proses pembentukan akhirnya kami menemukan beberapa opsi nama untuk perkumpulan kami diantaranya : Akustik (Ajang Kumpulan Orang Tasik), Bistik (Barudak Ti Tasik), Himalaya (Himpunan Mahasiswa Tasikmalaya), KMT (Keluarga Mahasiswa Tasik), IMT (Ikatan Mahasiswa Tasik) dan PKMT UNPAD (Paguyuban Keluarga Mahasiswa Tasikmalaya UNPAD) yang akhirnya terpilih dan disepakati oleh semua anggota sebagai nama dari perkumpulan mahasiswa Tasik.

Tanggal 5 oktober 2006 jam 17.55 di KOPMA UNPAD merupakan awal bersejarah yang ada di UNPAD yaitu dengan adanya deklarasi pembentukan PKMT UNPAD (Paguyuban Keluarga Mahasiswa Tasikmlaya UNPAD) yang merupakan suatu wadahuntuk menyatukan mahasiswa/i UNPAD yang berasal dari Tasikmalaya yang kemudian diketuai oleh Pardi Setiawan, FTIP 2005 dan Pembinanya sendiri adalah Indra Kusumah. S.Psi, Fapsi 2001 dan beliau pernah menjabat sebagai Presiden BEM UNPAD pada tahun 2003.

Maka dari itu dengan terbentuknya PKMT UNPAD itu sendiri diharapkan bisa membuat kami sebagai mahasiswa rantauan dari Kota Tasikmalaya yang kuliah di UNPAD bisa saling mengenal, kerjasama dan meningkatkan rasa kedaerahan sesama mahasiswa Tasikmalaya.


..ANTRIAN TIDAK HANYA DI TEMPAT PEMILIHAN SUARA CALEG, TAPI UNTUK NYUCI BAJU PUN HARUS…

Gambar

Hari ini jutaan orang antri di TPS untuk menggunakan hak suaranya dalam PEMILU Indonesia 2014 untuk menuju Indonesia lebih baik, tapi nampaknya hal itu gak berpengaruh bagi anak” Ponpes BIN. Saat yang sama, hari yang sama di lapangan Ponpes BIN juga berjejeran siswa siswi BIN yang lagi antri, apa mereka mau memilih Celeg Favorit mereka? Tentu tidak, KTP pun mereka belum punya. Mereka mengantri dengan membawa handuk, ember, peralatan mandi dan tentunya pakaian kotor yang mungkin sudah seminggu belum menyentuh air.

Gambar

 

            Ya saat itu di Ponpes kami lagi kosong air bersih, makanya anak” pada mengantri untuk mencucui pakaian mereka sekalian Gambarsambil mandi karena hari itu adalah hari libur Kegiatan Belajar Mengajar yang memang lagi berbentrokan dengan Pemilihan Umum Caleg se Indonesia Raya. Barisan yang sangat rapih, dan raut wajah yang mungkin agak kesel juga, kepanasan dan ahhhh rasanya ingin segera mengeluarkan alat pencuci dan pengering otomatis dari kantong Doraemon #halah. Tetapi itulah kehidupan kami, para santri Baittul Izzah Nusantara, dengan segala bentuk kegiatan kebersamaan, hal itu terasa indah, rame, nyaman karena terbiasa dan perjuangan yang hebat yang kami lakukan. Tidak ada namanya teriakan siswi yang minta dicuciin pembantunya (memang gada pembantu hehe), atau pergi ke laundryan yang hanya tinggal nyimpen baju, lalu 2-3 hari kemudian ambil pakaian yang sudah rapih bersih dicuci, disentrika bahkan sudah dibungkus rapih dengan catatan harus merogoh kocek uang saku, tapi tidak bagi anak BIN, kami bukan anak manja, kami bukan anak pemalas, kami bukan anak yang selalu merepotkan orang tua , kami tidak mau menggantungkan segala tugas kami kepada pembantu seperti halnya anak” yang ada di sinetron – sinetron sekarang, kami bukan anak cengeng.

GambarGambar

Itulah BIN dengan segala hal yang unik, manis, mandiri dan mensyukuri..

Jadikanlah kami orang – orang yang bersyukur akan segala nikmat MU ya Rabb, kami yakin engkau telah mempersiapkan masa depan kami yang sangat lebih baik.. Aamin

…FLYING LIKE EAGLE….

Gambar

 

Sesekali tuh nyobain terbang menembus awan layaknya elang. Hhehehe Beuhhhhh amazing, keren banget melihat Mesjid Atta Awun dan sekitaranya dari atas awan sambil melayang. Yahhh Paralayang Puncak Bogor memanjakan mata dan memicu adrenalin saya sama temen Andhika, Risdianto dan Daniel. Saat itu libur weekend yang menyenangkan dan mendadak. Rencana awal sabtu tgl 30 Maret 2014 saya ijin untuk tidak mengajar di BIN karena sudah siap” mau menghabiskan waktu bersama orang tua di kampong halaman tempat kelahiran saya Tasikmalaya dan saya juga janjian sama temen Anak bangsa yang mau menjemput dari Jakarta ke Bandung. Jumat sore saya dikabarin Dika, dia nanya hari sabtu ada acara apa engga, kalo engga dia mau ngajak ke Bogor naik Paralayang. Beuhhh asiknya tapi sesaat bingung karena say gak mempersiapkan budget untuk acara itu dan juga kebetulan sudah janjian sama temen mau balik ketasik.

Dika Daniel dankang Ian pun bilang, “udah gak usah mikirin budget, kita ada dana dari BSM Club untuk perpisahan panitia Famgath BSM Bandung.. Beuhhh dengan yakin dan tanpa ragu saya meng iya kan hayu hajar berangkat.. Allah bener bener memberikan rizki dengan jalan dari manapun.

Akhirnya saya konfirmasi ke Anak bangsa kalo keberangkatan saya ketasik takutnya ngaret jadi gak bakal bareng mereka soalnya sabtu pagi harus ke bogor dulu, dan dari bogor pun belum pasti pulangnya jam berapa, saya niatin ya udah ke Tasik mah bias pulang sendiri saja, jadi anak bangsa berangkat duluan.

Sabtu pagi pun kita langsung berangkat menuju Puncak Bogor dan sudah terlihat disepnjang jalan kemacetan mobil ber Plat B D dan sabaginya mengantri demi menikmati liburan ke bandung atau kebalikannya.. jam 9.00 pun kita sudah berada di Puncak Pas dan kebetulan tempat kita Paralayang dekat di Puncak pas dan masjid yang terkenal di Puncak Bogor itu. Beuuuuhhh belum naik paralayang saja, suasananya sudah kerasa segerrr, seneng, ngeriii karena liat ketinggian dan sejuuuk juga melihat banyak pepohonan.

Gambar

Sambil melihat wisatawan lainnya juga yang sama siap siap antri mau terjun, kita ber narsis ria dulu coy buat di update di jejaring social wkwkwkwk #tetep narsis bikin eksis. Ternyata gak hanya wisatawan local yang seneng ikut uji adrenalin, banyak wisatawan asing terutama dari negeri Onta yang tinggi besar dan brewokan. Mereka gak nahan ingin cepet meluncur melewati bukit dan menikmati pemandangan indahnya puncak bogor.

 

Dan pemandu pun memanggil kita untuk segera bersiap siap memakai pakaian terjun smabil mengisi biodata. Parahnya c Daniel dengan entengnya pengen mengundurkan diri dari antrian karena dia takut ketinggian. Masya allah Daniel, ibu ibu aja pada berani bahkan ada kakek kakek juga ikut terjun tuh #entah apa yang ada dipikiran c kakek itu, udah bosen kali ngasuh cucunya heheheh

Kita paksadaniel biar ikut merasakan melayang di udara dan akhirnya dia pun mau. Ternyata yang diapnggil duluan untuk terjun diantara kita jeng jeng jeng Daniel. Dan kita pun ketawa ngeledekin dia. Pemandu mungkin melihat raut muka tegang Daniel makanya dia yang duluan dipanggil biar berani. Hehehehe

Satu per satu dari kita pun dapat gilirannya, dan kita gak lupa untuk mempersiapkan camera digital, camera HP yang tentunya tidak lain dan tidak bukan untuk mengabadikan moment bersejarah itu #halah lebay padahal buat di share di jejaring social heheheh (biasa narsis).

Beuuuuuh Amaziiiinggggg, 15 menit yang sangat berkesan kita melayang diatas ketinggian, melihat indahnya pepohonan puncak bogor, melayang melewati awan, bersatu menyapa angin dan ribetnya kehidupan pun ilang sesaat. Saat mamangnya mebelokan Parasut dan sereseettt deg deg an ke jantung takut jatoh.. untung aja di tendom sama orang yang pasti sudah berpengalaman. Cuaca pun sangat mendukung moment tersebut dan birunya langit memanjakan kita. Inilah rasanya seperti elang yang terbang mengawasi mangsanya untuk dicengkram. Setelah melewati ketinggian, kita pun landing dengan sangat menyenangkan, dibawah sudah siap temen “ temen untuk mengambil gambar pas saya mau sampai landing.. Beurrrrrr ingin lebih lama sebenenyaaaaa, ingin lagiiiiiiii dan lagiii melayang diatas udara yang menyejukan tapi haloooo harus bayar lagi kali, sekali terbang saja harganya Rp 450.000,- belum dari bawah tempat landing naik ke atas bukit tadi pake ojeg harganya 30.000,- lumayan juga tuh ojek musiman disana sambil menawarkan sebuah villa berikut isinya #ehhh itu mah bukan tujuan awal hehehehe.

Gambar

Setelah berpuas ria melayang, perut pun memanggil hak nya dan ingin diisi. Langsung kita cabut cari kuliner yang sesuatu dan kita berlabuh di sate Maranggi + Air kelapa Cipanas Cianjur. Ajiiibbbbb 10 tusuk sate dengan bumbu kacang dan kecap, ditambah segernya air kelapa menghilangkan dahaga kita. Alhamdulillah…

Gambar

Tak cukup sampai sana, kita pun masih haus dan penasaran katanya di cianjur ada namanya kampong penghasil Durian terbaik Cianjur dan gak mikir lama kita pun mengejar rasa penasaran itu sampai satu jam kemudian akhirnya kita menemukan tempat kampong penghasil durian meskipun jalan masuknya berkelok kelok dan jauh juga tapi rasa lelah itu pun terbayar dengan sajian Durian Si Mentega (kata si mamang yang jualnya). Pas Belah duren beuuuuuuuuhhh wanginya menyengat seakan mengajak kita untuk langsung bergelut dengan mereka para durian heheheheeh. Hajarrrrrrrr menikmati manisnya durian si mentega. Dan tak lupa juga kita poto lalu share di jejeraing social buat “ngabibita” hihhihi.

Gambar

Kita pun beli buat orang rumah yang mungkin lagi ngidam pengen duren. Rasa penasaran pun sudah terbayarkan dan kita langsung cabut menuju Bandung dengan jalan alternative. Berangkat dari cianjur jam 2 an dan diperkirakan magrib sampai bandung dan ternyata iyaaa di cianjur, mau masuk tol paster bandung pun macet banget tapi kita tibak sesuai perkiraan sih. Saya teringat mau pergi langsung ke tasik Bareng Anak bangsa dan akhirnya menghubungi mereka, ternyata mereka yang dari Jakarta pun masi diperjalanan menuju Bandung dan oke ternyata saya msih bias bareng balik ketasik dengan anak bangsa.

Sampai bandung pun hujan deras, dan Mie rebus menemani dinginnya Bandung yang dilanda hujan. Dari magrib sampai jam 8 saya istriahat dikostan Eyang dan Anak Bangsa pun sampai kostan saya langsung rebut banget saking kangen dan pengen becanda. Hehehe. Dan terjadilah obrolan malam sampai subuh lalu cabut langsung ke kampong halaman Tasikmalaya.

_really nice holiday_

Tasikmalaya, 31 maret 2014

“TALAM BERISI NASI, RIZKI YANG DIBERKAHI”

Gambar

Salah satu saat yang paling unik di Pontren BIN adalah dimana kita sudah pada lapar dan para Pembina membawa sebakul nasi beserta lauknya. Yeee makanan datang, lapar pun hengkang. Begitu sumringahnya anak” ketika hal yang ditunggu tunggu adalaha waktunya makaaaannnn, dan kami pun langsung berkumpul di salah satu lorong tempat pembagian jatah makan, tak luput dari itu saya pun ikut kumpul untuk sekedar makan bareng sambil bincang bincang bahkan saya sendiri sering menawarkan diri untuk membagikan makanan.

Gambar

Antrian pun mulai berjajaran dengan sebuah “talam” dari bahan stainless yang sudah bersih yang siap menerima hidangan makanan, tidak semua memegang talam itu karena satu talam bisa untuk makan bareng 4-5 orang. Waaaww inilah namanya makan bersama ala orang sunda atau bahasa gaulnya “botram”.

Gambar

Senengnya berbagi nasi bareng mereka, ada yang minta banyaaaak da nada juga yang minta sedkit dengan alas an diet tapi kalo lauknya tetep pengen banyak..hehehehe. Talam pun terisi nasi yang bisa dibilang tidak se pulen di rumah makan Ampera atu tempat makan lainnya, dan temen nasi pun ditaburkan meski dalam setiap makan hanya satu macam lauk, kadang telor dadar, kadang oseng kangkung, kadang oseng waluh, kadang sayur daun singkong dan lain lain kadang juga kita dikasih ayam goring kalo ada kiriman dari sodara Pembina dan kita pun makan rame rame, satu talam rata rata 4 orang siswa.

Gambar

Sederhana memang tapi penuh berkah

Sederhana memang tapi penuh kebersamaan

Sederhana memang tapi bahagia

Sederhana memang tapi menyenangkan

Sederhana memang tapi timbul rasa keadilan

            Disinilah kita belajar untuk bisa lebih bersyukur, belajar untuk bisa lebih berbagi, menghargai rizki yang diberikan Allah pada kita. Allah selalu memberikan rizki dengan jalan yang tak disangka sangka., terkadang ada dari rekan rekan Pembina yang berinisiatif untuk membeli makanan dari luar, entah donat, cilok goreng, ayam goreng dan ahhh senengnya karena kalo siswa siswi BIN sendiri untuk beli jajanan dari luar saat ini belum bisa, siswa siswi BIN sendiri dikasih jatah jajan hanya serebu per orang per hari dan itu pun jajanannya disamakan untuk mengurangi kesenjangan dan kami tetap bersyukur Alhamdulillah.

Gambar

Inilah rizki yang kami dapatkan, yang Allah berikan dengan penuh kasih sayang dan apapun bentuknya itu kami tetap selalu bersyukur karena Allah memberikan hal yang sangat luar biasa senantiasa memberikan rizki pada kami tanpa putus.

…LITTLE THING FOR MILLION SMILES..

Gambar

Berniat mengisi liburan weekend yang sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya untuk bisa melihat situs Megalitikum di Kota Cianjur yang disebut Gunung Padang. Saya sama temen temen pun janjian di kost an inspirasi Kostan Eyang patrakomala, tempat dimana saya melepas lelah setelah bekerja, menulis mimpi untuk masa depan, tempat merenung akan perjalanan hidup. Saat itu jam 09.00 baru 2 orang Teguh dan Endah yang datang kekosan untuk kumpul sementara Nanda Baru on the way ke Bandung dari Bogor setelah menghadari acara persiapan tes CPNS dan Rifky serta Mario masih belum ngasih kepastian datang padahal sebelumnya sudah konfirmasi mau ikut berangkat.

Segelas the hangat, kopi dan cemilan mengisi kekosongna, kegejean kita bertiga sambil menunggu Nanda, Rifky dan Mario. Obrolan pun mengarah kesana kemari, entah curhat, ngbrolin masa depan dan lain sebagainya. Teguh yang sudah bela belain ke Bandung dari Ciamis mulai resah karena jam 10.00 masih aja belum berangkat ke Cianjur. Saya sama Endah terus konfirmasi ke Mario sama Rifky nunggu kepastiannya untuk bisa dating atau engganya, dan saya pun sedikit kesal kalo memang kita gak jadi ke Cianjur soalnya sudah ijin ke anak anak Baittul Izzah Nusantara bahwa hari itu saya gak bisa ngajar karena mau ada acara ke Gunung Padang

Akhirnya daripada gada kejelasan, kita juga mikir hayu aja berangkat kemana aja gak usah nunggu yang belum pasti datang. Kitas berasusmsi kalo berangkat sekarang ke cianjur sudah terlanjur siang dan akan mengahabiskan waktu di perjalanan sementara waktu sudah menunjukan hampir dzuhur kita juga gak berharap temen yang lainnya untuk bisa hadir karena ketidak konsistenan mereka.

                Mengurangi kekecewaan Teguh yang sudah jauh jauh prepare, dan Endah yang sudah dandan cantik untuk bisa berpoto di bebatuan Gunung Padang, kita pun mencari alternative destinasi Floating Market lembang, Garut dan akhirnya kita sepakat untuk bermanuver pergi ke SMP Pesantren Baittul Izzah Nusantara tempat saya mengajar. “Ya udah deh, kita ke pesantren aja toh waktu udah siang juga kalo ke cianjur dan kegiatan ini juga lebih positif” kata Teguh untuk menutupi kekesalannya, dan Endah pun menyambut “Hayuu, saya amah santei aja justru lebih seneng kesana kayaknya, melihat suasana baru” dan saya pun meyakinkan mereka “ Hayuuu kita berwisata religi aja di Ponpes BIN sekalian ketemu anak anak murid saya, “feel a new atmosphere”.

Budget buat ke Gunung Padang pun kita alihkan untuk membeli cemilan buat anak anak BIN, dan kita langsung pergi berbelanja cemilan yang dikemas satuan biar semuanya kebagi adil. Kita bungkus makanan nya dikostan layaknya mau mengadakan pesta ulang tahun anak kecil yang mempersiapkan bingkisan warna warni dan souvenir. Seneng, asik, unik dan semangat aja melakukannya barengan sama temen temen.

Gambar

Sambil ngebungkusin bingkisan itu, akhirnya Nanda sampai kekosan bawa mobil dan ikut ngebantuin. Habis beres ngebungkusin, lafar pun melanda dan kita langsung hunting tempat makan / kuliner di sekitar pesantren BIN dilembang dan kita menikmati enaknya masakan sunda sambil duduk lesehan di Saung Pengkolan Lembang persis deket dengan Ponpen BIN.

Gambar

Kita pun datang setelah ashar ke ponpes dan kebetulan sekali anak anak sedang ektrakulikuler, ada yang olahraga maen basket dan bola Volly.

Anak anak heran, ngeliatin ada mobil masuk pesantren dan yang keluar dari mobil tersebut mungkin orang asing bagi mereka karena belum mengenalnya sampai saya turun menyapa mereka dan minta bantuan angkut bingkisan dalam dus, mereka pun tersenyum dan menyapa saya beserta temen temen.

Dengan wajah senang dan senyum lebar mereka menghampiri kita. Dan kita mengumpulkan anak” semua di aula untuk membentuk sebuah kelas inspirasi. Kritisnya anak anak menanyakan ini itu, canda tawa anak anak, sharing berbagai pengalaman dan serunya bertemu kangen kita dengan anak anak seakan gada jarak dan melepas kejenuhan kita, menimbulkan kebahagiaan yang sederhana tetapi bermakna.

Gambar

Indahnya berbagi

Indahnya bersilaturahmi

Indahnya bercengkrama

Indahnya bermain bersama

Indahnya saling bercanda

Indahnya makan bersama meski dalam sederhana

Dan kita mempunyai banyak adik.. Alhamdulillah

Serta hal itu ditutup dengan do’a bersama semoga silaturahmi kita tetep saling terjaga. Aamiin

Thanks my friends

Thanks my little brother and sister

Thank BIN

Terima kasih Ya Allah sudah memperkenalkan kita pada mereka

Memperlihatkan pada kita betapa bahagianya mereka

Memperlihatkan pada kita betapa cerianya mereka

Memperlihatkan pada kita betapa semangatnya mereka

Memperlihatkan pada kita betapa mereka antusias untuk mengejar mimpi

We always support you are and Allah will guide us..

                                                                               

_Ponpes Baittul Izzaah Nusantara lembang_

15 Maret 2014

PERJUANGAN DEMI SEBUAH TENIS MEJA

            Gambar

             

Sesaat terlintas ketika anak anak Bin sedang asikbermain bola basket baru di ruangan kelas IX. Senengnya melihat mereka ada sarana olahraga untuk menyalurkah hobi mereka bahkan menghilangkan kejenuhan disela sela belajar. Memang hanya satu bola basket dan bola volley yang saat ini mengerti mereka #etttdahhh

Bola basket pun jadi rebutan bagi anak” untuk sekedar berkeringat meskipun ring basketnya belum tersedia heheheh nanti juga menyusul tapi hal ini lebih baik lah daripada tong sampah yang dibolongin sebagai ring basket dan bola sepak yang sudah kempes bias juga sebagai bola basket..

Kesenangan akan olahraga setiap siswa memang berbeda, ada yang renang, basket, volley, badminton ato sepak bola akan tetapi sara yang ada mengharuskan mereka menikmati olahraga apapun yang mereka bias lakukan dengan segala keterbatasan yang tidak mengurangi rasa kebahagiaan di BIN.

“Kalo ada tennis meja mah lebih rame kayaknya Pak” celetukan seorang siswa disela saya sedang asik melihat mereka bermain basket di dalam ruangan kelas. “oh iya ya, kayaknya makin rame aja nih” sahut saya. Dan kita langsung berandai andai sekaligus memikirkan gimana kalo memang tersedia sebuah tenis meja lengkap dengan bat dan bolanya. Mereka pun berdalih, aka pa apa lah mejanya bias dari bangku bangku belajar disatuin tapi gimana dengan bat dan bola pingpongnya. Oke, akhirnya kita sepakat untuk membentuk sebuah tennis meja dengan langkah awal ingin membeli Bat dan bola pingpongnya, sementara meja nya sepakat dari bangku” yang disatuin.

Rabu pagi, saat Kegiatan Belajar Mengajar libur karena adanya Pemilu 2014, siswa siswa BIN sudah rame, ada yang mau beres” kamar, mencuci baju, teriak” ngajak maen bola ke lapangan atas menuju Lembang dan helooo saya masih setengah sadar bangun dari tebalnya selimut yang menghadang dinginnya suasana Lembang dan hal itu juga ditunjukan dengan jarum jam masih menunjukan 5.30 am. Siswa siswa begitu antusiasnya bangun subuh lalu persiapan beres”, olahraga dan saya baru bangun??? Malunyaaa……

Saya pun sigap, maen bareng anak” dan yang menjadi perhatian saya ada beberapa siswa yang sedang gotong royong membuat sebuah meja buat olahraga tennis meja. Wow amazing, dengan bahan” kayu seadaanya yang diambil dari belakang pesantran, peralatan yang seadanya juga dan sebuah tripleks tebal sudah terpotong rapih untuk alas meja nya..

“kami tidak hanya berharap atau menunggu, tapi kami bertindak, berjuang untuk mewujudkan apa yang kami inginkan”

Sekumpulan siswa pun bener bener bergotong royong satu sama lain layaknya seorang tukang yang sudah ahli menggergaji, memotong kayu, memaku dan dibawah terik matahari itupun mereka tidak ada kata mengeluh demi terwujudnya sebuah teniis meja arena olahraga mereka..

Gambar

Salut akan perjuangannya

Salut akan kemandiriannya

Salut akan gotong royongnya

Dan, saya pun tidak hanya melihat dan terdiam tapi mencoba membantunya *meskipun hanya dalam bentuk doa hehehehehehehe

Dan jreng jreng minuman dingin rasa manga, jeruk jambu pun tersedia demi menghilangkan dahaga para siswa yang bener” bertanggung jawab menyelesaikan sebuah tennis meja anak anak BIN.

Ini lah hasil karya kita

Inilah bentuk perjuangan kita

Inilah wujud dari keinginan kita

Inilah bentuk rasa kita…

Hal kecil yang kami lakukan, hanya untuk kebahagiaan bersama…

KOMIK SUNDA

Aku akan mere beja sama kamu tentang kesakitan hidup dengan emosi yang mengental, tentang CINTA, dan luka seperti gua yang mengangah. Kenapa harus aku yang menjadi bahan olokan? Kalian saja yang jadi bahan bangunan biar kalian bias kuriak, aku mengeluh dengan hidup ini, aku selalu dicurigai. Aku bertamu kerumah orang dibangsatkeun, aku ngetrekan awewe dihalan dicopetkeun, aku ke indomaret dituturkeun ku kasir, marukana urang rek maok? Enya beungeut urg siksaeun.

            Aku mengeluh hidup ini, aku melamar kerja teu ditarima, majarkeun urang tatoan “pliiiss deuleu beb, ini mah bukan tato, ini mah Balas Bogo”, hayang usaha sorangan boga modal 7.500 rek usaha naon? Ternak buruy? Terus mun buruyna geus jadi Bangkong rek dikumahakeun? Maneh daek dahar bangkong?

            Aku mengeluh dengan hidup ini, boga kabogoh goreng patut, keur mah goreng salingkung jeng tukang oray, adil teu? Aku mengeluh dengan hidup ini punya cinta tapi tak dicintai, ketika ada yang cinta aku, dia tak mau mengatakan., kalo cinta itu bilang bukan diem aja, bukan papah hare ato nuar tangkal.

Aku selalu disalahkan, gunung meletus salah aku, kamu putus salah aku, tukang cilok rodana tijengklang salah aku, aku nelpon pun salah sambung. Aku mengeluh dengan hidup ini, punya anjing diracun, punya ucing dipaok, punya kabogoh ditikung, punya cinta di abaikan, punya rasa di acuhkan,.

            Aku demo ke gedung DPRD kucoba memperjuangkan hakku yang direbut oleh siluman sepion kenca. Aku ngaduruk ban ditengah jalan, balik balik karek sadar singhoreng urang ngaduruk ban motor sorangan. Jakarta – Bandung kapaksa nikreuh, ah sudahlah aku mengeluh dengan hidup ini. Segini juga aku mah sudah uyuhan, meskipun rada ticengklak manah, ngocoblak terus jadi we rada haus, Mas.. tolong cicin air enteh nya, saya haus uy.. bala bala nganjuk we nya… hehehehhe

Great Journey to Bromo

Gambar

Mahligai pesona dataran tinggi di timur jawa memang begitu menggoda, candi-candi cantik yang terdapat di kawasan itu juga begitu cantik dan gagah berdiri. Di Jawa Timur, pernah berdiri kerajaan besar yang terkenal dengan keberaniannya melakukan ekspansi hingga luar nusantara. Majapahit yang dulu pernah jaya meninggalkan sisa-sisa pesona bangunan di atas tanahnya yang berbukit dan indah.

Gambar

Tak salah bila orang nomor satu negeri ini rela datang mengunjungi desa-desa di kawasan perbukitan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, hawanya dingin sejuk membalut kulit adalah penawar bagi keletihan yang begitu nikmat untuk dirasakan. Udara bersih menyeruak rongga adalah obat bagi rasa letih dan panorama indah adalah objek yang sungguh menggoda untuk diabadikan.

Gambar

Desa Tengger berada didataran tinggi wilayah Senduro, Lumajang. Kawasan ini dulunya dikelilingi hutan pinus yang dahulu indah, kini keberadaan pinus dengan wangi khas batangnnya telah hilang, sebagian berganti perkebunan kol milik masyarakat tengger yang menggantungkan hidup dari hasil perkebunannya.Gambar

 

 

Kabut kerap turun disertai hujan rintik menambah dingin bagi siapapun yang berkunjung kekawasan ini, percayalah itu adalah kenikmatanan bila datang ke kawasan itu,Di Desa Argosari, masih dikawasan Argosari, Gunung Bromo berdiri ditengah lautan pasir yang luas membentang. Menuju Gunung Bromo adalah sebuah petualangan, melalui Desa Pananjakan, jeep-jeep 4WD siap mengantar menembus padang pasir luas membentang. Bila menginginkan menikmati panorama matahari terbit yang luar bisa indah bisaanya para wisatawan rela menembus kabut dingin dan menyusur jalan pasir menggunakan jeep-jeep yang siap mengantarkan menuju Puncak Pananjakan. Percayalah perjalanan menggunakan jeep menuju kawasan lereng Bromo adalah kenikmatan petualangan yang mendebarkan.

Gambar

 

Gambar

Tak Jauh dari Bromo terdapatlah Gunung Semeru yang begitu angkuh menjulang, gunung ini merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian 3.676 Mdpl gunung ini begitu menantang siapapun yang menggilai petualangan. Melalu Desa Ranupane, banyak pendaki penuh hasrat menggapai puncaknya namun hasrat itu kemudian pudar taktala keangkuhan gunung ini menunjukkan kegagahannya. Memiliki danau indah yang bernama Ranu Kumbolo, banyak petualang menghentikan hasrat pendakiannya cukup sampai di kawasan ini. Danau indah dikelilingi pohon pinus yang menjulang menjadi tempat terbaik mendirikan tenda dan menyeduh minuman hangat sambil menikmati pagi indah danau penuh pesona ini.

Gambar

Dengan kegagahan gunung Semeru yang menjulang tinggi tersebut, tak sedikit para wisatawan yang menyerah pada keadaan untuk tidak mencapai puncak Mahameru, hanya pendaki yang gigih dan berpengalaman yang memang siap menaklukan Mahameru yang sangat terkenal itu. “Cukup sejam anda bisa merasakan menjadi orang tertinggi di Pulau Jawa dan bisa bangga menikmati kemegahan ciptaan Tuhan itu, merasakan gagahnya icon Indonesia yaitu Mahameru, Puncak dari Gunung Semeru ”, mungkin itulah statement bagi para pendaki yang sudah menaklukan rumah para dewa itu.

Menulusuri kawah gunung Bromo saja sudah menjadi petualangan yang sangat menakjubkan, perjuangan perjalanan pagi sebelum matahari terbit dengan menggunakan Jeep, lalu berjalan menunggu moment yang sangat ditunggu yaitu cantyiknya matahari terbit di kawasan Gunung Bromo.

Gambar

GambarMenjajaki luasnya padang savanna yang hijau sepanjang mata, luasnya hamparan padang pasir yang eksotis dan megahnya kawah Gunung Bromo yang sangat cantik saat menyemburkan asap belerang dari mulut kawah menggantikan lelahnya perjalanan seharian. Oh My God, inilah salah satu kemegahan ciptaan Tuhan yang ada di Indonesia bagian timur.

Tak hanya megahnya Gunung Bromo, di kota Apel ini kita bisa menikmati berbagai tempat wisata yang tak kalah menariknya. Bagi teman – teman yang suka backpacker ini saya mencoba untuk sharing info wisata Gunung Bromo dan kawasan wisata lainnya di Kota Malang dari perjalanan kami Anak Bangsa yang terdiri dari Pardi, Andri, Dadan, Ruli, Gilang dan Anggita, sekelompok sahabat dari Tasikmalaya yang menjelajahi Keindahan Alam Indonesia.

Gambar

Gambar

Gambar

  1. Transportasi dan Akomodasi

Perjalanan menuju kota Malang bisa menggunakan berbagai alternative alat transportasi yaitu : Bus atau kereta. Tapi untuk perjalanan selama sekitar 15 jam saya sarankan untuk menggunakan kereta api baik business maupun executive karena perjalanan yang sangat jauh akan sangat bermakna dibarengi dengan keluarga, sahabat dekat dengan berbagai pengalaman yang menarik.

Gambar

Di dalam kereta anda akan merasakan berdesak-desakan bahkan bersebelahan dengan berbagai maca, karakter orang dengan berbagai tujuan dan disana anda bisa menghilangkan jenuh dengan mengobrol, sharing pengalaman dan menambah link. Hati hati juga dengan barang bawaan anda terutama dompet dan Hp karena banyak copet juga.

Kalau lapar, bisa dating ke kantin kereta dan disana banyak orang” yang nongkrong, ngbrol sambil menikmati perjalanan, jangan lewatkan juga anda untuk membeli Pecel Madiun dengan harga murah di bawah Rp 10 rb anda bisa merasakan enaknya pecel tersebut, nanti akan banyak pedagang asongan yang menawarkan pecel dan makanan serta minuman kalau berhenti di setiap setation.

Selain bisa ngbrol bareng temen atau kenalan baru anda juga bisa menikmati perjalanan dengan membaca buku kesukaan anda. Masker juga sangat bermanfaat anda bawa karena kadang kalau terlalu capek dan kita ketiduran, muka gak kobe kita keluar saat lelapnya tidur, bisa mulutnya mangap lah,, ngorok dan lain lain dan itu bisa dijadikan moment lucu buat kenangan sambil dipoto, tapi dengan memakai masker kita juga bisa  merasa enak lelapnya tidur.

Gambar

Kalau menggunakan kereta dari Kota bandung, anda bisa menggunakan Kereta Turangga. Bisnis : Rp 190.000,- dan Excecutive Rp 240.000,- setiap perjalanan, disarankan untuk beli tiket PP disesuaikan waktu perjalanan wisata anda jadi ketika anda nanti pulang tidak kehabisan tiket pulang. Kalaupun anda pas mau berangkat hanya mendapatkan tiket pergi saja, sempatkan waktu di kota Malang tersebut untuk membeli tiket pulang terlebih dahulu agar perjalanan wisata anda tenang karena tiket pulang sudah dapat, bisaanya waktu weekend dan libur panjang jumlah tiket suka habis terjual.

Untuk transportasi disana, kita bsa rental mobil tergantung berapa hari kita butuhnya. Harganya kisaran 300-350rb selama 24 jam tanpa driver, lebih diutamakan kalo kita punya kenalan untuk rental disana. Rental mobil akan lebih efektif disbanding kita pakai kendaraan umum karena akan lebih leluasa untuk bisa mengitari tempat tempat wisata disana.

Untuk penginapan kita bisa memilih penginapan yang bisaa aja, karena kalau hanya dipakai untuk tidur saja, kita akan lebih banyak meluangkan waktu diluar kamar, sangat saying apabila kita menyewa kamar penginapan yang mahal kalau kita tidak terlalu banyak menggunakannya, bahkan kalau tipe backpakeran tidak menyewa penginepan juga tidak apa apa karena kita bisa tidur di mobil yang kita rental apalagi kalau kita akan menuju Gunung Bromo karena kita tidak akan tidur semaleman, karena persiapan melihat matahari terbit bisa dari sekitar jam 3an.

  1. Peralatan

Beberapa perlengkapan yang wajib dibawa :

Tas Ransel, Baju secukupnya, Celana Panjang / jeans, celana pendek, jaket tebal, syal / slayer, sarung tangan, masker, sepatu gunung, sandal, peralatan mandi, topi, CD, sarung dan mukena untuk yang muslim, kamera SLR, kamera poket, spanduk untuk komunitas, tempat air, kacamata, makanan dan minuman secukupnya.

Obat – obatan : obat masuk angin, obat anti mabuk, minyak kayu putih, balsam, obat tetes mata.

  1. Kawasan Wisata

Beberapa kawasan wisata yang bisa dikunjungi disana antara lain :

Gambar

  1. Agrowisata Kusumah

Malang sangat terkenal dengan sebutan Kota Apel, kurang afdol kalu kita maen ke Malang tidak mengunjungi perkebunan Apel Malang. Di daerah batu Malang ini terdapat agrowisata dimana kita bisa menikmati sejuk dan luasnya perkebunan apel, jambu dan strawberry. Kita hanya masuk dengan harga tiket sekitar Rp 50.000,- bisa menikmati memetik apel, starmwbery dan jambu sendiri, kita juga akan disuguhkan Jus apel, cemilan sayuran organic dan pudding apel. Disana juga terdapat banyak oleh oleh buah buahan untuk dibawa pulang. Sangat disarankan untuk pagi hari kalau kita mau menikmati kesejukan perkebunannya.

Gambar

Gambar

 

 

 

  1. Jatim Park I, II dan Batu Secret Zoo

Tidak jauh di daerah kota Batu itu sendiri terdapat kawasan wisata seperti kebun binatang yang sangat luas, beragam binatangnya dan bisa menikmati hotel unik seperti bentuk pohon dan akar. Disini selain bisa melihat hewan hewan unik, terdapat juga sarana bermain. Harga tiket masuk hanya Rp 75.000,- all in. Jatim Park II ini tutup sampe jam 7 malam jadi disarankan masuk dari pagi atau siang jadi kita bisa mneikmati keseluruhan fasilitas yang ada disini.

GambarGambar

  1. Batu Night Spektakuler

Batu Night Spektakuler merupakan daerah yang sangat cantik terlihat ketika malam hari, disana terdapat hiasan lampu lampu kota dan lampu taman yang ditata rapih sehingga akan sangat indah terlihat pada malam hari. Banyak jajanan yang ada disana dan bisaanya dijadikan tempat nongkrong dan ngedate bagi yang pacaran.

  1.  Wisata Kuliner

Setiap kota pasti punya kuliner khas tersendiri yang bisa kita nikmati saat kita mengunjungi kota itu, di malang juga ada beberapa tempat kuliner asik yang recommended diantaranya : Baso Presiden, café yang khusus menyediakan baso malang dengan berbagai macam diantaranya baso kuah, baso bakar, baso tahu baso urat dan sebagainya, dengan tempat yang terletak sangat unik yaitu dipinggir rel kereta api. Menu disajikan dengan system self service jadi kita bisa memilih baso mana saja yang akan kita nikmati. Murah dan Enak perporsi nya sekitar Rp 15.000,- (tergantung banyaknya baso).

So, nikmati perjalanan kamu dengan cara kamu sendiri, Your Life Is Your Adventure.

Pulau Pari nan Eksotis

Gambar

Gambar

Berlibur atau menghilangkan penat memang salah satu kebutuhan hidup biar pikiran dan badan jadi lebih fresh, apalagi bagi orang orang yang sudah bekerja dan jenuh dengan tugas dan rutinitas kantor, bisa juga untuk sekedar liburan keluarga biar lebih menyenangkan.

Gambar

Gambar

  1. A.  Lokasi Pulau Pari

Pulau Pari salah satu pulau yang ada di kepulauan seribu selatan yang penduduknya diperkirakan hanya satu RW saja, Pulau Pari salah satu pantai yang recommended, bersih,  deket, mengasikan dan liburan yang termasuk murah. Pulau Pari berada di kepulauan seribu dengan kumpulan beberapa pulau yang sering dijadikan tempat wisata diantaranya Pulau Tidung, Pulau Pramuka, pulau Pari dan Pulau Harapan.

GambarGambar

Gambar

Gambar

Gambar

  1. B.  Paket Wisata

Paket wisata kesana termasuk murah dengan budget sekitar 375 rb – 450rb tergntung travel yang menyelenggarakan serta lama waktu dan biasanya untuk meeting pointnya di muara angke tempat perahu boat berlabuh, paket yang ditawarkan ada yang 3 hari 2 malam, 2 hari 1 malam, dan itu sudah  All In termasuk perahu boat dari muara angke menuju pulau pari sekitar maksimal 2 jam, makan sehari 3 x, penginepan berbentuk rumah dipinggir pantai, snorkling 2 x, barbeque ikan dipinggir pantai, poto bawah laut pas snorkeling, berkunjung ke Pulau Tikus, Pantai Pasir Perawan dan disana juga tersedia penyewaan sepeda.

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

  1. C.  Objek Wisata

Tempat snorkeling di pinggir pantai pulau pari dan pulau tikus sangat menakjubkan karena taman lautnya sangat indah dengan berbagai ekosistem ikan warna warni dan berbagai karang laut yang sangat menarik. Kita benar benar bias memanjakan diri menikmati keindahan ciptaan Tuhan tersebut. Dan jangan lupa lebih enak dan lebih puas kalau bawa camera underwater sendiri karena camera dari pihak travel sangat terbatas.

Gambar

GambarGambarGambar

Masakan yang disajikan disana juga enak enak dan menunya gak jauh sekitar seafood dengan olahan yang sangat menarik, cumi asam manisnya, kerang rica rica, udang sambal padang dan jangan lewatkan Barbeque ikan dimalam hari sambil menikmati desiran ombak pantai dan angin laut yang menusuk tulang.

Disiang hari kita akan menyempatkan maen ke Pantai Pasir Perawan dengan naik sepeda ontel yang bias disewa dideket penginepan, harganya murah sekitar Rp 10 rb dan jarak ke Pantai Pasir Perawan sangat deket karena pulau Pari luasnya kecil. Sumpaaah pantai pasir perawan bersih bangetttt, dengan pasir putih yang luas, kumpulan mangrove yang membentuk ditengah pantai seperti membentuk pulau pulau kecil dan terlihat seperti Raja Ampat Mini, dengan pantainya yang dangkal jadi kita bener bener bias menikmati bermasin dipantai yang bersih dan bening.

Disana juga terdapat Lembaga Penelitian Kelautan untuk para peneliti yang sedang mengembangkan atau mengelola keindahan, pertumbuhan ekosistem pantai Pulau Pari tersebut.

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Dengan budget minim kita bisa menikmati indahnya pantai dengan puas dan menghilangkan jenuh sesaat

BANYOLAN KEUR ZAMAN SMA

 

 

Cerita ini menggambarkan kehidupan semasa SMA 5 Tasikmalaya angkatan 2002 kelas IPA 2 pas waktu istirahat diisi sambil nongkrong, ngemil, heureuy, mojok jeung sajabana. *bahasana campuran we nya

 

Aktor : semua murid kelas IPA 2

 

Pardi/parjo : orang singaparna, rada kasep, pinter, bageur tp maceuh pisan *heheh tong protes nya

Cici             : orang sukaraja, sok ngbrolkeun sex

Arif             : sarua orang sukaraja, murid nu sok” rajin.he

Ramdani & ela       : murid nu rada sholeh tinu lain

Dadang       : murid pang BADAGNA

Fitria           : murid nu cereweeeeeeeet pisaaaaaaan

Adi              : orang cibanjaran, budak ABRI

Tyan            : murid nu rada Tajir

Dede           : Bisa muncul dimana saja, murid nu rada gokil

Wendi          : kadang jad wenceu, ato jadi wayang

Riska           : orang mangkubumi, pagaweana muncrut we

Genk matre (isni, susi, yulia, fitri)

Irwan          : murid nu rada lieur

Cucu          : murid rajin dan sangat peka terhadap orang lain

Dadang       : murid pang BADAGNA

Jeung murid nu laina, hampura teu kasebut kabeh.

 

Dina hiji waktu istirahat, keur euweuh garawean barudak nongkrong dikelas bari ngemil jajanan ti si bibi, keur ngarumpul kitu mah nya geus we ngobrol kaditu kadieu.

 

Pardjo         : cici, menta lah bala bala teh, hoream kakantin uy

Cici             : embung ah meulina sautik, meuli we olangan

Pardjo         : beuh dasaaar urang sukaraja pelit uy..,

Adi              : heueuh jo, hese jeung sukaraja mah..,heheheh *ngabela urg uy

Pardjo         : eh ci kumaha tadi ceunah kabeurangan nya, duhhhh ari urang sukaraja nya, matakna berangkat teh heg ti subuh keneh, mawa  obor, mawa timbel 3 bungkus jang dijalan trus nungguan bus we sajam, jadi kadieu teh teu kabeurangan.., tuh bareng we jeung ci curip mawa motor, c eta ge da kana rakit heula.., hahahah seuri puas

Wenceu, dadang, riska, adi : wkwkwkwkwkwkwkwkwkw hahahahahahahahahah bener jo

Arif             : naon siah maneh jo mamawa sukaraja *bari ngalanjutkeun deui maca buku pelajaran fisika

Cici             : anjritttt maneh jo sangeunahna we, daripada maneh kudu make Gelebeg bari AG (Angin Gedebug) batur mah make AC, jalan teu pararuguh

Wenceu : heueuh ci, dina gelebeg mah can aya suku nu kaluar jandela mah tuluy we dideudeut trus ngetem we.

Adi, riska, dadang, dede,arif, cici : wkwkwkwkwkwwk hahahahhaha hhahahaha

Adi & riska : untung kita mah Cuma naek angkot 04 *berkhianan ti ci pardzo

Arif   : hahahahahhahah bener wenk *sambil ngalanjutkeun ngerjakeun soal fisika

Cici : HAHAHAHAAHAHAH *seuri ngabarakatak bari puas bari teu nyadar hitut

Pardjo : edaaaaannn maneh siah wenceu, dasar wayang teu kapake, geus we jadi suluh maneh mah..,hehe

(Datang we c dede jeung c Tyan)

Irwan & Dadang : Tyan, c dede kamana, naha sosoranganan maneh mah, laina c dede jeung maneh?

(Padahal c Dede bareng jeung c Tyan)

Kabehan     : Astagfirulloh, naha muringkak bulu punduk jeung bulu kelek..,

Tyan            : cik atuh babacaan we sugan c dede aya.., heheh *sambil dengerin MP3 Sambil megang N-Gage (batur mah can barogaeun)

( Dede sambil ngaleng c adi sambil sura seuri tea tanpa dosa..,)

Adi              : edaaaannn urang asa ngarasa beurat tonggong uy.., *rada kaget

Pardjo & Tyan : edaan edan babacaan geuwat di bisi aya nanaon, panggil c ramdani jeung ela meh tadarusan., wkwkwkw

Kabehan     : wwkwkwkwkwk hahhahahahha

Irwan & wenceu    : woyyyy aya baju ngalayang, tewak uy.., hahahah

Andin          : heueuh aya uka uka meureun, pantesan suasana rada angker *bari pedees tea nyariosna

Dede                    : Karehed teh maraneh ka aing teh siahhh..,hehehhe keur naraon uy? Perang antar kampung nya.., urang dukung sukaraja we da urang mah boga angkot 03 sok ditaekan ku cici

(Datang we cucu )

Cucu          : astadzim kalian teh pasea we antar kampung.., karunya deuih c dede tong diheureuyan wae.., mending ngerjakeun tugas we yuk

Kabehan     : T%^%#%#%^^^&*^*&%^$%^#$#$@$& *rieut mikirana

(Datang ramdani jeung ela)

Ela : astadzm kalian mah.., daripada heureuy teu pararuguh mending sholat Duha yukk

Ramdani : abi ge nembe tos sholat duha.., eh ela, PR kimia atos can? urang ngerjakeun ayeuna we yu

Cucu          : Hayu ahh abi can beres, ajak c arif tuh *cucu nyaut

Arif             : kela keur ngerjakeun heula fisika uy

 (tuh bener kan, ela, ramdani, cici jeung cucu mah rarajin jeung saroleh *kumaha we jiga urg)

(Sembari perang Sukaraja VS Singaparna keur gencatan senjata heula, c adi bebeja ka c pardjo),

Adi              : eh zo, ti kamari ela jeung ramdani duaan wae nya, kan kamari urg” pas di angkot nempo ela jeung ramdani keur nongkrong di pancasila

Kabehan     : wahhhh beneran yeuhhhh asiiik gosip

Dadang       : maneh di, awak gede tukang gosip oge, cik bagi bagi ateuhhh..,he

Genk matre : aya gosiiipp naon uyyyy hayuuu urg bergosip ria

Fitria : ihhhh asiiik aya gosippp, naon ihh gosipna, bejaan ihhh, atulaahhhhhh engggalaaaaaannnnnn abi can apal ihhhh *sora cempreng bari cerewet tea

Cici   : asiiik ganti topik, jd teu moyokan wae lembur urag *ngomong dina hate

Pardzo : hahahahah heueuh di, woyyy barudak kamari urg jeung c adi nempo  ela jeung ramdani balik sakola keur nongkrong di Terminal Pancasila, teuing keur naon tah, da katempona mah keur “UDUD SUPER” we. hahahahahahaha *rada lebay nyaritakeuna

Adi : hahahah bener uy, *ngadukung

Riska : hahahah beneran? naha kamari teu liat saya mah?

Adi & Pardi : kan beda angkot atuh, da riska mah duluan

Ela & ramdani        : ihhhhh naon sih kalian, kita mah kamari teh aya perlu janjiaan jeung baturan di pancasila

Adi & pardi ; tuhhh kan bener kamari nongkrong duaan di pancasila

Pardzo        : mun teu salah mah ningali teh bari UDUD., wkwkwkwkwkkw heureuy

Ramdani      : enya lah kumaha maneh dzo, urg kamari beak sabungkus malahan

Kabehan     : wwkwkkwkw hahahahaah *kakara nempo ramdani heureuy kitu

(Keurr seuseurian ngeunah, datang teh guru fisika)

Deurrrr ahhh kabeh poho can ngerjakeun tugas fisika.., bari baringung tea bisi dititah kahareup ngerjakeun.., Buku c arif we diparebutkeun..,

 

Hatur Nuhun Ka Saparakanca

 

_To Be Continue_

 

Kenangan Hangat Yang Takan Pernah Padam

 

Cibiru, 7 September 2009Gambar

 

                Bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Agustus dan sudah memasuki hari ke 15 ini merupakan moment yang sangat indah, berharga dan penuh kehangatan bagi keluarga kami yang awalnya kenal, tinggal bareng hanya 2 bulan di sebuah desa terpencil yang kami pun baru mengalaminya bersama tetapi menjadi keluarga yang penuh rasa kebersamaan untuk selamanya yaitu keluarga KKN Karang Anyar.

                Buka bersama yang kami lakukan sebagai ritual untuk tetap menjaga kekompakan, kebersamaan, silaturahmi itu berlangsung di salah satu rumah teman kami, sebut saja Vita Nurlita. Suasana rumah yang nyaman, asri, enak banget buat kumpul palagi ada saung tempat berlangsungnnya ritual itu serasa menambah aura kekeluargaan yang luar biasa, 18 karakter manusia hadir dengan keunikan masing – masing yang ternyata gak pernah berubah dari setahun yang lalu. Eko sudarmawan dengan sotoynya, Gelar dengan gaya khas penyanyi kondang sunda (sebut saja darso) yang sunda abis, ricky dengan gaya playboy cap kelincinya, iwa yang gak terlalu banyak bicara, aki ditemani rokok yang gak pernah berhenti mengeluarkan asap kaya kereta, fuad yang kadang kecentilan dalam becanda tapi otak mesumnya gak ilang..,hehe adi juga yang kadang dikacangin & jadi tumbal (tp Cuma becanda koq di), ditambah genk ayat – ayat cinta (berkerudung), kiki, qisty, fatma yang pada autis abis dan banyak mengandung misteri dan lagi mba fatma yang medok banget bahasa jawanya (maklum dari kediri), rinda yang kalem, laura yang melankolis, tiara yang suka heboh sendiri, mutya yang gak pernah jaim dan tuan rumah vita yang care seta tentunya saya sendiri pardi yang serig becanda bhkan nyari tumbal buat diledekin, semua itu menyatu dalam lingkaran tempat duduk dimana kami siap – siap untuk menyantap makanan yang menggoda banget dan pada bersiaga agar tidak kehabisan (soalnya bayar lagi) hehehe.

                Dimanapun ma siapapun kalo yang namanya dah kumpul trus mulai makan palagi buka puasa, semuanya seakan lupa  disebelah tuh ada orang yang mungkin sudah dianggap barang kali, semuanya sibuk pada makan gak bisa nengok ke sebelah seakan pada punya penyakit sakit leher karna salah tidur. Tapi, kalau perut dah kerasa kenyang, gada yang muat lagi buat dimasukin ke perut semuanya kembali normal, berbaur satu sama lain, canda, tawa, saling hina, cari cari tumbal buat bahan ejekan, photo – photo, ketawa sepuas puasnya, seakan kita kembali dalam dunia KKn selama 2 bulan hidup di desa bareng, gada yang pada jaim semuanya dan masing – masing mengeluarkan kenangan yang memang uniq buat dikenang, kaya kejadian konyol bermain pocong jam 12 malem buat nakutin saya, sumur yang kena minyak tanah, cinlok yang gak jadi, bahkan penembakan pas perpisahan di panggung, semua itu tetap tersimpan dalam memori yang lama tapi selalu ada.

              

  Lelah ketawa tak membuat kita lelah untuk bercanda, semuanya terasa asyik, gak inget waktu dan hal tersebut selalu ingin terulang kembali, Kebersamaan lah yang mengikat kami jadi sebuah keluarga utuh, keluarga yang kuat, dengan berbagai karakter didalamnhya ibarat warna, semuanya memiliki warna masing masing ada yang biru, merah, hijau, item ungu dll tapi kalau dipadupadankan maka semua warna itu akan menjadi satu warna yaitu putih yang melambangkan bersih, suci seperti perasaan hati kita terhadap keluarga KKN Karang Anyar ini.  Semoga rasa kekeluargaan ini selalu tetap terjalin selamanya. Amiin

               

« Older entries