Great Journey to Bromo

Gambar

Mahligai pesona dataran tinggi di timur jawa memang begitu menggoda, candi-candi cantik yang terdapat di kawasan itu juga begitu cantik dan gagah berdiri. Di Jawa Timur, pernah berdiri kerajaan besar yang terkenal dengan keberaniannya melakukan ekspansi hingga luar nusantara. Majapahit yang dulu pernah jaya meninggalkan sisa-sisa pesona bangunan di atas tanahnya yang berbukit dan indah.

Gambar

Tak salah bila orang nomor satu negeri ini rela datang mengunjungi desa-desa di kawasan perbukitan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, hawanya dingin sejuk membalut kulit adalah penawar bagi keletihan yang begitu nikmat untuk dirasakan. Udara bersih menyeruak rongga adalah obat bagi rasa letih dan panorama indah adalah objek yang sungguh menggoda untuk diabadikan.

Gambar

Desa Tengger berada didataran tinggi wilayah Senduro, Lumajang. Kawasan ini dulunya dikelilingi hutan pinus yang dahulu indah, kini keberadaan pinus dengan wangi khas batangnnya telah hilang, sebagian berganti perkebunan kol milik masyarakat tengger yang menggantungkan hidup dari hasil perkebunannya.Gambar

 

 

Kabut kerap turun disertai hujan rintik menambah dingin bagi siapapun yang berkunjung kekawasan ini, percayalah itu adalah kenikmatanan bila datang ke kawasan itu,Di Desa Argosari, masih dikawasan Argosari, Gunung Bromo berdiri ditengah lautan pasir yang luas membentang. Menuju Gunung Bromo adalah sebuah petualangan, melalui Desa Pananjakan, jeep-jeep 4WD siap mengantar menembus padang pasir luas membentang. Bila menginginkan menikmati panorama matahari terbit yang luar bisa indah bisaanya para wisatawan rela menembus kabut dingin dan menyusur jalan pasir menggunakan jeep-jeep yang siap mengantarkan menuju Puncak Pananjakan. Percayalah perjalanan menggunakan jeep menuju kawasan lereng Bromo adalah kenikmatan petualangan yang mendebarkan.

Gambar

 

Gambar

Tak Jauh dari Bromo terdapatlah Gunung Semeru yang begitu angkuh menjulang, gunung ini merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian 3.676 Mdpl gunung ini begitu menantang siapapun yang menggilai petualangan. Melalu Desa Ranupane, banyak pendaki penuh hasrat menggapai puncaknya namun hasrat itu kemudian pudar taktala keangkuhan gunung ini menunjukkan kegagahannya. Memiliki danau indah yang bernama Ranu Kumbolo, banyak petualang menghentikan hasrat pendakiannya cukup sampai di kawasan ini. Danau indah dikelilingi pohon pinus yang menjulang menjadi tempat terbaik mendirikan tenda dan menyeduh minuman hangat sambil menikmati pagi indah danau penuh pesona ini.

Gambar

Dengan kegagahan gunung Semeru yang menjulang tinggi tersebut, tak sedikit para wisatawan yang menyerah pada keadaan untuk tidak mencapai puncak Mahameru, hanya pendaki yang gigih dan berpengalaman yang memang siap menaklukan Mahameru yang sangat terkenal itu. “Cukup sejam anda bisa merasakan menjadi orang tertinggi di Pulau Jawa dan bisa bangga menikmati kemegahan ciptaan Tuhan itu, merasakan gagahnya icon Indonesia yaitu Mahameru, Puncak dari Gunung Semeru ”, mungkin itulah statement bagi para pendaki yang sudah menaklukan rumah para dewa itu.

Menulusuri kawah gunung Bromo saja sudah menjadi petualangan yang sangat menakjubkan, perjuangan perjalanan pagi sebelum matahari terbit dengan menggunakan Jeep, lalu berjalan menunggu moment yang sangat ditunggu yaitu cantyiknya matahari terbit di kawasan Gunung Bromo.

Gambar

GambarMenjajaki luasnya padang savanna yang hijau sepanjang mata, luasnya hamparan padang pasir yang eksotis dan megahnya kawah Gunung Bromo yang sangat cantik saat menyemburkan asap belerang dari mulut kawah menggantikan lelahnya perjalanan seharian. Oh My God, inilah salah satu kemegahan ciptaan Tuhan yang ada di Indonesia bagian timur.

Tak hanya megahnya Gunung Bromo, di kota Apel ini kita bisa menikmati berbagai tempat wisata yang tak kalah menariknya. Bagi teman – teman yang suka backpacker ini saya mencoba untuk sharing info wisata Gunung Bromo dan kawasan wisata lainnya di Kota Malang dari perjalanan kami Anak Bangsa yang terdiri dari Pardi, Andri, Dadan, Ruli, Gilang dan Anggita, sekelompok sahabat dari Tasikmalaya yang menjelajahi Keindahan Alam Indonesia.

Gambar

Gambar

Gambar

  1. Transportasi dan Akomodasi

Perjalanan menuju kota Malang bisa menggunakan berbagai alternative alat transportasi yaitu : Bus atau kereta. Tapi untuk perjalanan selama sekitar 15 jam saya sarankan untuk menggunakan kereta api baik business maupun executive karena perjalanan yang sangat jauh akan sangat bermakna dibarengi dengan keluarga, sahabat dekat dengan berbagai pengalaman yang menarik.

Gambar

Di dalam kereta anda akan merasakan berdesak-desakan bahkan bersebelahan dengan berbagai maca, karakter orang dengan berbagai tujuan dan disana anda bisa menghilangkan jenuh dengan mengobrol, sharing pengalaman dan menambah link. Hati hati juga dengan barang bawaan anda terutama dompet dan Hp karena banyak copet juga.

Kalau lapar, bisa dating ke kantin kereta dan disana banyak orang” yang nongkrong, ngbrol sambil menikmati perjalanan, jangan lewatkan juga anda untuk membeli Pecel Madiun dengan harga murah di bawah Rp 10 rb anda bisa merasakan enaknya pecel tersebut, nanti akan banyak pedagang asongan yang menawarkan pecel dan makanan serta minuman kalau berhenti di setiap setation.

Selain bisa ngbrol bareng temen atau kenalan baru anda juga bisa menikmati perjalanan dengan membaca buku kesukaan anda. Masker juga sangat bermanfaat anda bawa karena kadang kalau terlalu capek dan kita ketiduran, muka gak kobe kita keluar saat lelapnya tidur, bisa mulutnya mangap lah,, ngorok dan lain lain dan itu bisa dijadikan moment lucu buat kenangan sambil dipoto, tapi dengan memakai masker kita juga bisa  merasa enak lelapnya tidur.

Gambar

Kalau menggunakan kereta dari Kota bandung, anda bisa menggunakan Kereta Turangga. Bisnis : Rp 190.000,- dan Excecutive Rp 240.000,- setiap perjalanan, disarankan untuk beli tiket PP disesuaikan waktu perjalanan wisata anda jadi ketika anda nanti pulang tidak kehabisan tiket pulang. Kalaupun anda pas mau berangkat hanya mendapatkan tiket pergi saja, sempatkan waktu di kota Malang tersebut untuk membeli tiket pulang terlebih dahulu agar perjalanan wisata anda tenang karena tiket pulang sudah dapat, bisaanya waktu weekend dan libur panjang jumlah tiket suka habis terjual.

Untuk transportasi disana, kita bsa rental mobil tergantung berapa hari kita butuhnya. Harganya kisaran 300-350rb selama 24 jam tanpa driver, lebih diutamakan kalo kita punya kenalan untuk rental disana. Rental mobil akan lebih efektif disbanding kita pakai kendaraan umum karena akan lebih leluasa untuk bisa mengitari tempat tempat wisata disana.

Untuk penginapan kita bisa memilih penginapan yang bisaa aja, karena kalau hanya dipakai untuk tidur saja, kita akan lebih banyak meluangkan waktu diluar kamar, sangat saying apabila kita menyewa kamar penginapan yang mahal kalau kita tidak terlalu banyak menggunakannya, bahkan kalau tipe backpakeran tidak menyewa penginepan juga tidak apa apa karena kita bisa tidur di mobil yang kita rental apalagi kalau kita akan menuju Gunung Bromo karena kita tidak akan tidur semaleman, karena persiapan melihat matahari terbit bisa dari sekitar jam 3an.

  1. Peralatan

Beberapa perlengkapan yang wajib dibawa :

Tas Ransel, Baju secukupnya, Celana Panjang / jeans, celana pendek, jaket tebal, syal / slayer, sarung tangan, masker, sepatu gunung, sandal, peralatan mandi, topi, CD, sarung dan mukena untuk yang muslim, kamera SLR, kamera poket, spanduk untuk komunitas, tempat air, kacamata, makanan dan minuman secukupnya.

Obat – obatan : obat masuk angin, obat anti mabuk, minyak kayu putih, balsam, obat tetes mata.

  1. Kawasan Wisata

Beberapa kawasan wisata yang bisa dikunjungi disana antara lain :

Gambar

  1. Agrowisata Kusumah

Malang sangat terkenal dengan sebutan Kota Apel, kurang afdol kalu kita maen ke Malang tidak mengunjungi perkebunan Apel Malang. Di daerah batu Malang ini terdapat agrowisata dimana kita bisa menikmati sejuk dan luasnya perkebunan apel, jambu dan strawberry. Kita hanya masuk dengan harga tiket sekitar Rp 50.000,- bisa menikmati memetik apel, starmwbery dan jambu sendiri, kita juga akan disuguhkan Jus apel, cemilan sayuran organic dan pudding apel. Disana juga terdapat banyak oleh oleh buah buahan untuk dibawa pulang. Sangat disarankan untuk pagi hari kalau kita mau menikmati kesejukan perkebunannya.

Gambar

Gambar

 

 

 

  1. Jatim Park I, II dan Batu Secret Zoo

Tidak jauh di daerah kota Batu itu sendiri terdapat kawasan wisata seperti kebun binatang yang sangat luas, beragam binatangnya dan bisa menikmati hotel unik seperti bentuk pohon dan akar. Disini selain bisa melihat hewan hewan unik, terdapat juga sarana bermain. Harga tiket masuk hanya Rp 75.000,- all in. Jatim Park II ini tutup sampe jam 7 malam jadi disarankan masuk dari pagi atau siang jadi kita bisa mneikmati keseluruhan fasilitas yang ada disini.

GambarGambar

  1. Batu Night Spektakuler

Batu Night Spektakuler merupakan daerah yang sangat cantik terlihat ketika malam hari, disana terdapat hiasan lampu lampu kota dan lampu taman yang ditata rapih sehingga akan sangat indah terlihat pada malam hari. Banyak jajanan yang ada disana dan bisaanya dijadikan tempat nongkrong dan ngedate bagi yang pacaran.

  1.  Wisata Kuliner

Setiap kota pasti punya kuliner khas tersendiri yang bisa kita nikmati saat kita mengunjungi kota itu, di malang juga ada beberapa tempat kuliner asik yang recommended diantaranya : Baso Presiden, café yang khusus menyediakan baso malang dengan berbagai macam diantaranya baso kuah, baso bakar, baso tahu baso urat dan sebagainya, dengan tempat yang terletak sangat unik yaitu dipinggir rel kereta api. Menu disajikan dengan system self service jadi kita bisa memilih baso mana saja yang akan kita nikmati. Murah dan Enak perporsi nya sekitar Rp 15.000,- (tergantung banyaknya baso).

So, nikmati perjalanan kamu dengan cara kamu sendiri, Your Life Is Your Adventure.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: